Senin, 12 Januari 2009

REFLEKSI TUGAS KULIAH AKHIR

pembelajaran matematika SD yang berlangsung selama satu semester banyak memberikan ilmu dan pengalaman baru.
matematika merupakan ilmu pasti, dimana dalam kajiannya tidakm leasdengan ketentuan alam. seperti yang dipaparkan dalam kuliah bahwasannya dalam belajar matematika terkait dengan hablum min Allah wa hablum minanaas. dimana manusia tidak dapat lepasdari kekuasaan Allah.
jika diliha dari para bola terbalik yang urutannya mulaipaling atas saapai bawah yaitu trsendental/good, phylosopy of life, phylosopy of mathematics, ways of thingking, mathematics, physical deminition oflife, dan physical demintion of non life. dapat dimengerti bahwa bagaimana seseorang itu belajr matematik dia akan selalu mencari dari mana asal matematik itu, karena sudah kodratnya manusia itu tidak bisa jika hanya hidup seorang diri. oleh karena dalam pembelajaran matematik diperlukannya ceramah untuk mengeluarkan ide-ide matematik baik dberada diawal, ditengan atau diakhir pembelajaran, kemudian setelah adanya ceramah maka timbul diskusi damana ini penting untuk mencari kebenaran matematika terutama siswa mareka perlu diskusi dengan gurunya untuk mencari kesulitan belajarnya tau mreka dapat berdiskusi denga orang lain yang kiranya menguasai dan paham tentang matematika. kemudian stelah mneemukan apayang diharapkan maka dipraktekka dalampembelajaran matematika dari segi teori baik di kelas maupun diluarkelas guna menyelaesaikan masalah, kemudian setelah adanya paraktek maka perlu adany konsolidasi dan praktek sesuai dengan kemampuannya secara bergiliran, yang kemudian aka menemukan pemecahan masalahnya jika telah melakukan paraktek sesuai dengan kemamapuanya yang kemudaian akan diterapkan akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dan hasil belajar. oleh karena itu, pembelajaran matematik maeliputi dimensi ruang dan dan waktu yang membentuk garis horisontal dan vertikal, bagaiman siswa belajar mateatik/ dimana siswa belajar matemayika, dengan lingkungan yang bagaimana siswa belajar, guru nya sispa?dimana dia belajar? dan lain sebagaina, kemudian kapan siswa belajar? mur berapa siswa belajar matematika dan lain sebagainya.
pembelajaran matematika berjalan sesuai dengan kehidupan manusia dimana manusia hidup adalah menerjemahkan dan ditertemahkan . matematika bersifat komplek dapat diterapkan disegala bidang baik dalam bidang sosial, ekonomi. politik, dan agama.
dalam pembelajaran matematika SD harus banayak perubahan sebagai bentuk inovasi pembelajarn matematika SD, yang dapat memberikan manfaat bagi siswa, pembelajaran di Sd bersifat kontekstual, begitu pula nilai-nilaimatematika yang ditanamkan guru kepada siswa adalah dengan cara kontekstual.
segala sesuatu kegiatan dalammatematika SD di sesuai kan dengan MGMP, pembelajarannya memerlukan alat perga sebagai bntuk kreativitas dari guru sbagai upaya untu memahamkan sisea dalam proses pembelajar. kemampuan refleksi pada anak Sd adalah kemmapauan tertinggi dalam belajar, sedangkan kemampaun tertinggi dalam matematika adalah membuat keputusan.
kemmapauan anak SD atau siswa tidak dapat dipasakan untuk untuk memenuhi standar yang ditetapkan karena akan memaksakan kemampuan anak. namun pada prakteknya kemampuaan sisws diukur dengan nilai USBN yang telah ditentukan sebagai tanda kelulusan.
nama: laelatul badriyah
nim: 07712259062
prodi: dikdas PGMI
smt: III
mata kuliha: pembelajaran matematika SD

2 komentar:

eko mengatakan...

kok cuma tugas akhir yang lain dong

gubukaziz mengatakan...

ayo semangat.,.,.